Ditemukan Obyek Berukuran 24 Meter, Mungkinkah Bagian dari Sayap MH370?




Kuala Lumpur - Otoritas Australia memastikan salah satu obyek yang terdeteksi satelit di Samudera Hindia berukuran 24 meter. Diduga itu adalah bagian serpihan pesawat Malaysia Airlines MH370. Kira-kira bagian mana?

Diberitakan Reuters, Kamis (20/3/2014), ada beberapa ukuran bagian pesawat Boeing 777-200ER yang bisa diakses dari situs resmi perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Mulai dari bagian ekor hingga bagian hidung.

Panjang rentangan sayap pesawat bila ditarik garis lurus dari ujung kiri ke ujung kanan adalah 63,7 meter atau 199 kaki 10 inchi. Bila dua bagian sayap dipisahkan, ukurannya sekitar 27,4 meter. Ini adalah bagian pesawat yang paling mendekati dengan ukuran 24 meter.

Untuk panjang keseluruhan pesawat Boeing 777-200ER adalah 63,7 meter atau 209 kaki. Tinggi ekor pesawat adalah 18,5 meter atau 60 kaki 9 inchi. Sementara diameter pesawat adalah 6,19 meter atau 20 kaki 4 inchi.

Belum ada yang memastikan serpihan di Samudera Hindia itu bagian dari MH370. Otoritas Australia, Amerika Serikat dan Selandia Baru sedang memeriksa temuan itu. Namun berdasarkan laporan seorang reporter ABC di dalam pesawat, ada sesuatu yang signifikan di laut.

Otoritas Australia sebelumnya menjelaskan tentang dua obyek yang terdeteksi dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370. Salah satu benda yang terlihat di kawasan selatan Samudera Hindia itu panjangnya mencapai 24 meter. Obyek lainnya berukuran lebih kecil.

"Benda-benda itu relatif tidak jelas. Bagi saya, indikasinya adalah itu benda-benda yang berukuran cukup besar dan kemungkinan terendam air dan naik turun di atas permukaan," kata pejabat Otoritas Keselamatan Maritim Australia John Young seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (20/3/2014).

"Benda yang terbesar... ditaksir sekitar 24 meter. Ada lagi yang lainnya yang lebih kecil dari itu," imbuhnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Bridge Beserta Fungsi dan Cara Kerja Bridge pada Jaringan Komputer

Mengenal Lebih Dekat OSI Layer

NIC (Network Interface Card) – Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya